Mari Menilik Berbagai Permendiknas Tentang Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran


Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar sepertinya memang tidak terelakkan lagi. Pemerintah pun telah mengatur kebutuhan tentang TIK di dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Saya mengkompilasikan peraturan-peraturan tersebut bagi Anda, para pendidik yang peduli dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sebagai referensi :

  • Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, dalam Kompetensi Pedagogik Guru SMA/SMK – Kompetensi Inti – 5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, dengan Kompetensi Mata Pelajaran, Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelajaran yang diampu.
  • Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dimana dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diharapkan telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di dalam Bab II. Standar Penyelenggaraan, Bagian Ketiga mengenai Standar Penyelenggaraan, dalam Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan bahwa “Proses pembelajaran sebagaimana dimaksud ayat (1) menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual.

Nah, telah jelas bukan bahwa amanat pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran telah jelas diatur dalam beberapa Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Semoga informasi berguna bagi para pembaca setia blog ini. Jika masih ada permendiknas lain yang bertema sama, namun belum tercantum dalam daftar diatas silahkan berkontribusi lewat fasilitas komentar yang disediakan. Semoga berguna!

About these ads

Ditandai:, , , , , ,

3 gagasan untuk “Mari Menilik Berbagai Permendiknas Tentang Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

  1. Phillip Rekdale Oktober 22, 2010 pukul 7:16 pm Reply

    Salam sejahtera – Seperti saya menulis di FB tadi…
    Mungkin pemerintah kita lebih sadar sekarang bahwa walapun ada Permendiknas Nomor ###, dengan keadaan di Indonesia, dan prioritas pendidikan di Indonesia TIK dalam proes pembelajaran bukan isu penting.

    Mari kita “move-on” dan menghadapi isu-isu pendidikan yang betul penting. Memang tidak perlu TIK untuk melaksanakan pembelajaran yang bermutu kan? Tetapi sekolah perlu punya atap….
    http://teknologipendidikan.com/kebijakan-ict.html
    Salam Pendidikan

  2. Phillip Rekdale Oktober 22, 2010 pukul 7:25 pm Reply

    Phillip Rekdale :Salam sejahtera – Seperti saya menulis di FB tadi…Mungkin pemerintah kita lebih sadar sekarang bahwa walapun ada Permendiknas Nomor ###, dengan keadaan di Indonesia, dan prioritas pendidikan di Indonesia TIK dalam proses pembelajaran bukan isu penting.
    Mari kita “move-on” dan menghadapi isu-isu pendidikan yang betul penting. Memang tidak perlu TIK untuk melaksanakan pembelajaran yang bermutu kan? Tetapi sekolah perlu punya atap….http://teknologipendidikan.com/kebijakan-ict.htmlSalam Pendidikan

  3. Gora Oktober 25, 2010 pukul 11:41 am Reply

    Ok pak Phillip terima kasih atas saran-sarannya,
    Terima kasih juga telah mampir di blog saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 674 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: