Eksplorasi Streaming Video dengan VideoLAN Client (VLC)


Screenshot WebTVBeberapa bulan ini saya disibukkan dengan tesis, yang harus saya selesaikan dua bulan lagi. Kebetulan tesis saya mengambil judul “Layanan Televisi Berbasis Protokol Internet“. Dalam tesis tersebut saya melakukan pembuatan antarmuka video streaming berbasis web (bernama WebTV) dan melakukan analisa terhadap jenis kompresi. Oh ya, aplikasi yang saya gunakan untuk menyelenggarakan layanan video streaming adalah aplikasi opensource bernama VideoLAN. Jenis layanan video streaming yang saya teliti ada dua, yakni Video on Demand (VOD) dan Live Broadcast.

Di MTI UGM terdapat 4 kali pra pendadaran dan satu kali pendadaran. Pada pra pendadaran pertama, saya diharuskan memaparkan rencana penelitian. Kemudian pada pra pendadaran kedua mahasiswa diharuskan memaparkan desain dan pemodelan terhadap sistem yang akan dibuat. Setelah itu, pada pra pendadaran ketiga (tanggal 15 Juli 2006 besok) saya diharuskan mendemokan/menunjukkan hasil akhir sistem yang sudah saya buat. Selanjutnya pada pra ke-empat kita diharuskan memaparkan hasil analisa.

PixelView PlayTV Pro 2Dari pra kedua kemarin terdapat catatan dari dosen pembimbing dan penguji, dimana saya harus dapat mendemokan live streaming via capture device seperti webcam, tv-tuner atau camcorder pada aplikasi (Web-TV) yang saya buat. Sebelumnya saya telah berhasil melakukan streaming dengan file video, tetapi berkali-kali mencoba streaming menggunakan capture device selalu gagal. Pertama kali saya mencoba dengan webcam yang ada pada laptop saya, kemudian yang kedua, saya mencoba dengan TV-Tuner PixelView PlayTV Pro 2 produksi Prolink, tetapi hasilnya nol.

TV-Tuner ini menggunakan chipset Bt9878 (bener gak sih? :) ), saya coba konfigurasi berkali-kali tapi hasilnya nihil, gambar pun tidak muncul sama sekali di VideoLAN (VLC). Lalu saya mencoba menukarkan TV-Tuner tersebut ke penjualnya (untungnya sang penjual adalah teman, jadi bisa tukar) dengan TV-Tuner eksternal untuk notebook (mereknya GADMEI). TV-Tuner eksternal ini untuk berhubungan dengan desktop atau notebook menggunakan interface USB 2.0. Untuk chipsetnya aku belum teliti lebih lanjut. Sungguh amazing!!! ketika aku coba konfigurasi VLC-nya, yaitu mencoba streaming dengan capture device, lalu mengeset Stream Out nya ke UDP dengan IP Multicast 239.255.10.40 aplikasi VLC dapat menampilkan gambar meskipun seperti semut :). Kebetulan TV-Tuner eksternal tersebut menyertakan port composite atau A/V sehingga saya penasaran ingin mencoba memasukkan sumber inputan dari luar ke TV-Tuner tersebut.

GADMEI USB TV-BOXLalu saya ambil VCD Player dan menancapkannya pada port A/V. Benar saja, VLC dapat menampilkan gambar video dan menstream siaran lewat jaringan, video pun dapat terlihat di aplikasi WebTV. Saya jadi berkesimpulan bahwa VLC tidaklah mendukung semua chipset TV-Tuner. Apabila Anda menghadapi kasus yang sama dengan saya, dan untuk mempermudah urusan Anda, saya sarankan untuk menggunakan GADMEI USB TV BOX UTV330

TV-Tuner eksternal tersebut dipasarkan sekitar 350.000 rupiah. Aslinya ditujukan untuk penggunaan pada Laptop (yang jual sih bilangnya gitu), tapi yang penting kan punya interface USB 2.0, jadi digunakan di desktop maupun di laptop ya ngga masalah tho ya…

Setelah pra pendadaran ketiga besok saya akan menceritakan lagi hasil penelitian saya. Saya juga masih ingin bercerita panjang lebar tentang aplikasi WebTV yang saya buat. Semoga pra ketiga besok sistem yang saya demokan bisa berjalan tanpa kendala. (***Bersambung***)

About these ads

2 gagasan untuk “Eksplorasi Streaming Video dengan VideoLAN Client (VLC)

  1. marqo Juli 15, 2006 pukul 11:50 am

    good brun, i hope you will succes with your exam (pra pendadaran 3)

  2. Ben Juli 27, 2006 pukul 1:05 am

    kayaknya Gadmei yang itu minta spek yang tinggi..
    mutar tv gambarnya kotak-kotak :(

    sempat beli kurang dari 300 ribu, untung bisa dijual lagi :)

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 674 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: